- Pencernaan Bayi Rentan Infeksi Karena Jumlah Kuman di Usus 10 Kali Lebih Banyak

Rabu, 12 April 2017

Pencernaan Bayi Rentan Infeksi Karena Jumlah Kuman di Usus 10 Kali Lebih Banyak

Pencernaan Bayi Rentan Infeksi Karena Jumlah Kuman di Usus 10 Kali Lebih Banyak,- Bayi mengalami gumoh, muntah atau konstipasi merupakan tanda-tanda gangguan pencernaan yang sering terjadi pada bayi.

Kondisi ini membuat para orangtua khawatir. Apalagi bayi belum bisa mengungkapkan apa yang sedang dirasakan.

Profesor Dr Badriul Hegar PhD Sp A(K) mengatakan, bayi memang rentan terkena gangguan saluran cerna, karena fisiologis dan fungsi sistem tubuh yang belum sempurna.

“Pada permukaan usus terdapat jaringan epitel yang saling menempel, namun pada bayi yang saluran cernanya belum matang, jaringan ini lebih longgar sehingga memungkinkan bakteri lebih mudah menginfeksi,” jelas dokter spesialis pencernaan anak dari RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta, ini.

Bayi juga rentan terkena infeksi karena sistem kekebalan tubuhnya belum sempurna. Bila ada bakteri yang masuk, bayi akan lebih mudah terinfeksi.

Apalagi, menurut Prof. Hegar, terdapat banyak kuman yang ada pada usus. “Jumlah kuman di usus sepuluh kali lipat lebih banyak dibandingkan jumlah sel tubuh,” jelasnya.

Karena itulah maka bayi akan rentan terkena infeksi, apalagi sistem daya tahan tubuh yang belum optimal dan sempurna.

Prof Hegar menjelaskan, orangtua perlu memperhatikan periode emas 1.000 hari pertama kehidupan.

Pada periode 1.000 hari pertama kehidupan, kita harus menjaga nutrisi selama kehamilan, memberi ASI eksklusif, dan memberikan stimulasi untuk tumbuh kembang buah hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar